Langsung ke konten utama

Perjanjian Perdamaian Antar Dua Korea hanya bersifat kosmetika?


Dikabarkan bahwa dunia menyambut baik kesepakatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Tentu banyak yang akan gembira jika benar yang dikatakan CNN kedua negara yang bermusuhan ini berniat menandatangani perjanjian perdamaian tahun ini.

Tapi dalam dokumen yang ditandatangani kedua pemimpin ini tak ada frasa  menandatangani perjanjian perdamaian tahun ini. Dokumen tersebut berjudul "Panmunjeom Declaration for Peace, Prosperity and Unification of the Korean Peninsula",

Terkait perjanjian perdamaian hanya dinyatakan bahwa  'dalam tahun ini yang ditandai ulang tahun ke-65 genjatan senjata, Korea Selatan dan Utara sepakat untuk secara aktif mengadakan pertemuan segitiga yang melibatkan dua Korea dan Amerika Serikat atau pertemuan segiempat yang melibatkan dua Korea, Amerika dan China dengan maksud menyatakan diakhirinya perang dan mengubah genjatan senjata menjadi perjanjian perdamaian...dst.

Bagaimana mungkin perjanjian perdamaian akan ditandatangani dalam waktu yang tidak terlalu lama jika kedua Korea masih berkutat dengan masalah prosedural "perundingan segitiga" atau "perundingan segiempat". Korea Utara menganggap Repubik Korea tidak eksis karena wilayah Selatan masih dibawah pendudukan Amerika Serikat. Oleh karena itu Amerika Serikat harus ditarik sebagai pihak perundingan segitiga. 

Pemisahan Korea

Pemisahan antara Korea Utara dan Korea Selatan terjadi pada akhir Perang Dunia II yang mengakhiri penguasaan Jepang atas Korea tahun 1945. Amerika Serikat dan Uni Soviet masing-masing menguasai sebagian dari wilayah Korea. Garis batas antara wilayah yang diduduki itu adalah 38 derajat Lintang Utara.


Kemudian Amerika Serikat dan Uni Soviet mencoba untuk menyatukan kembali Korea. Tentu saja usaha dari dua kubu yang saling mencurigai (perang dingin) ini tidak membuahkan hasil.


Pada tahun 1948 di wilayah Selatan  yang diduduki oleh Amerika Serikat diadakan pemilihan yang memilih Singman  Rhee yang anti komunis sebagai presiden. Sedangkan Joseph Stalin mengangkat Kim Il Sung (opungnya Kim Jong-un) sebagai pemimpin Korea Utara.


Terpilihnya presiden pertama di Korea Selatan diikuti dengan berdirinya Republik Korea di Selatan yang diimbangi dengan pembentukan Republik Demokrasi Rakyat Korea di Utara. Masing-masing pemerintah ini mengaku memegang kedaulatan atas seluruh wilayah Korea.


Penyatuan Korea pernah dicoba dengan menggunakan kekerasan sehingga meletuslah Perang Korea tahun 1950 - 1953. Hasil dari perang ini adalah daerah bebas militer selebar 4 km di masing-masing sisi batas  yang memisahkan kedua Korea hingga saat ini.


Pertemuan Puncak Antar Korea


Telah berlangsung tiga pertemuan antara pimpinan Korea Utara dan Korea Selatan yaitu tahun 2000, 2007 dan 2018. Pertemuan-pertemuan ini menjadi penting karena kurangnya komunikasi antara kedua belah pihak untuk membicarakan masalah politik dan ekonomi. 


Agenda dari pertemuan puncak ini antara lain mengakhiri Perang Korea (sampai saat ini belum ditandatangani Perjanjian Perdamaian antara kedua Korea), penempatan pasukan secara besar-besaran di daerah bebas militer, pengembangan senjata nuklir oleh Korea Utara dan masalah hak asasi manusia.


Dalam pertemuan tahun 2000 antara Kim Dae Jung  dan Kim Jong Il (babenya Kim Jong-un) disetujui untuk mempertemukan keluarga-keluarga Korea Utara dan Korea Selatan yang terpisah.


Pertemuan tahun 2007 menghasilkan deklarasi perdamaian yang ditandatangani oleh Kim Jong Il dan Roh Moo-hyun. Dokumen tersebut meminta diadakan konperensi internasional untuk menggantikan perjanjian genjatan senjata dengan perjanjian perdamaian. 


Batu sandungan

Setelah berakhirnya Perang Dunia II  kita juga mengenal pemisahan Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Sama seperti di Korea, biang keladi pemisahan tersebut adalah Amerika Serikat dan Uni Soviet. Namun bedanya dengan Korea, rakyat Jerman Barat tidak pernah terlibat dalam perang saudara dengan rakyat Jerman Timur. Jadi tidak ada rasa permusuhan yang parah, sebaliknya ada rasa persaudaraan antara rakyat kedua Jerman.

Yang bergerak dalam penyatuan Jerman adalah arus bawah sedangkan petinggi-petinggi politik hanya mengkonfirmasi. Sedangkan dalam hal Korea gerakan dari arus bawah tidak ada. Rakyat kedua Korea mengidap rasa permusuhan satu terhadap yang lain. Sekurang-kurangnya setelah berpisah sekian lama jurang perbedaan antara Korea Utara dan Korea selatan sudah demikian dalam. 

Kalau hanya tergantung dari pejabat-pejabat politik maka penyatuan kembali Korea susah tercapai. Mereka lebih mementingkan pencitraan daripada tujuan yang lebih penting.

Kesimpulan

Butir mengenai mengakhiri perang Korea dengan menandatangani perjanjian perdamaian tidak dapat dijadikan tanda keberhasilan pertemuan puncak tahun 2018 karena hanya merupakan pengulangan hasil pertemuan tahun 2007 jadi seperti memoles kembali lipstik di bibir.

Di samping itu Korea Utara dan Korea Selatan mempunyai pengertian yang berbeda mengenai denuklirisasi di semenanjung Korea. Menurut Korea Utara artinya Amerika Serikat tidak lagi memyediakan payung nuklir kepada Korea Selatan. Janji Korea Utara untuk menghentikan percobaan nuklir, menunjukkan bahwa negeri ini merasa sudah  mengembangkan ancaman nuklir yang memadai.

Kubritau 28 April 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa yang bertanggung jawab atas cukuran batok kelapa ini?

Seperti di film Dumb and Dumber Seorang remaja, Aiden Bowness (17), ingin terlihat rapi pada pesta keluarga, namun salon langganannya tutup Selasa siang kemarin. Karena itu dia pergi ke tempat lain, Brazuca Gentry Grooming di Carlisle Cumria dengan membawa contoh foto cukuran sederhana pendek di belakang dan samping. Dia berpendapat potongan rambut yang dikehendakinya sederhana sehingga tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut. Kemudian dengan bayaran 8 pound sterling (Rp 150.000), didapati seolah-olah rambutnya dicukur dari ujung mangkuk seperti  pelawak Jim Carrey dalam film Dumb and Dumber. Malu dengan potongan rambut yang demikian maka keesokan hari,  sambil menutupinya dengan topi dia pergi ke pemangkas rambut langganannya. Untuk perbaikan atas cukuran batok kelapa ini Bowness perlu mengeluarkan ongkos tambahan sebesar 5 pound (Rp 93.000). Dia memposting pengalamannya itu di Facebook dan segera menjadi viral. Namun pemilik salon rambut, Flamencia membantah

Coca Cola sedang mengamati pasaran minuman yang dicampur ganja

Apakah di rak ini akan ada CocaCola  mengandung ganja? Menurut laporan dari Amerika Serikat CocaCola sedang mempertimbangkan dengan serius untuk memproduksi minuman yang mengandung ganja. Perusahaan raksasa  minuman ringan ini mengamati dengan seksama pasar minuman ganja yang tumbuh dengan pesat dan ada kemungkinan akan masuk dalam waktu yang dekat. CocaCola mengumumkan minatnya dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Senin tanggal 17 September. Pernyataan ini menanggapi laporan dari BNN Bloomberg yang mengatakan Coke sedang dalam pembicaraan dengan Canada Cannabis Inc. untuk mengembangkan minuman yang diinfus dengan cannabidiol (CBD), zat kimia non-psikoaktif yang terkandung dalam ganja. Coke akan mengikuti gerak cepat pembuat alkohol besar dan perusahaan rokok untuk menguji pasar ganja dan mencari mitra menjelang tanggal 17 Oktober pada waktu mana ganja rekreasi diluncurkan secara legal di Kanada.  Coke dan Aurora dalam pernyataan terpisah mengatakan tertarik dengan

Elon Musk, CEO SpaceX mendapat masalah hukum dalam kaitan penyelamatan 12 anak dari gua di Thailand

Elon Musk Dalam kicauan di twitter Elon Musk menyebut penyelam Inggris yang menolong 12 anak dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang kena banjir dengan istilah " pedo guy " atau penyuka anak-anak. Rupanya pengusaha kaya ini menjadi marah karena penyelam Inggris Vern Unsworth menggambarkan tawaran Musk untuk membantu dengan kapal selam mini sebagai kampanye PR. Minggu yang lalu Musk mengadakan perjalanan ke Thailand dan menunjukkan kapal selam yang panjangnya 1,8 m yang katanya dapat membantu 12 anak sekolah dan pelatih sepak bola mereka yang terdampar berminggu-minggu di gua. Tapi Unsworth yang peranannya penting dalam usaha penyelamatan tim sepak bola sekolah mengatakan kapal selam yang dibuat bos Tesla dan SpaceX tidak mungkin dapat bekerja karena penciptanya tidak mempunyai konsepsi mengenai alur di gua tersebut. Menanggapi kritik dari penyelam tersebut, melalui serangkaian cuitan di tweeter Musk membela penemuannya kemudian menambahkan "Maaf pedo guy