Tadi saya mendapatkan pengetahuan praktis yang berharga dari
tukang service AC. Awalnya saya minta kepadanya untuk service 2 AC di rumah yang terdiri
dari AC split yang dibeli 1 tahun yang lalu dan AC window model lama yang
umurnya belasan tahun. Setelah memeriksa terlebih dahulu teknisi tersebut
menyampaikan bahwa AC split selain diservis
harus di vacuum dan ditambah freon. AC yang tua hanya perlu di servis
(dibersihkan).
Saya bertanya kepadanya bukannya terbalik, AC lama yang perlu
ditambah Freon dan yang baru hanya diservis. Jawabnya begini pak, AC split bapak memang
baru tapi dulu rupanya ada kesalahan waktu isi freon yaitu tidak divacum
terlebih dahulu sehingga perlu diisi kembali.
Sedangkan AC window itu kerjanya seperti lemari es, kompresornya
tertutup dan meminjam istilahnya semua bagiannya paten. Bapak pernah nggak
dengar orang minta untuk menambah freon lemari es? Saya katakan kepadanya tapi
beberapa teknisi lain selalu menambah freon AC tua saya. Lalu saya diajaknya untuk
sama-sama melihat AC tersebut. Pak
memang Freon itu bisa habis jika ada kebocoran. Tapi untuk memasukkan Freon kita
harus menambahkan pentil. Nah sekarang
kita periksa sama-sama AC ini ada nggak tambahan pentilnya. Kami periksa bersama memang tidak
ada.
Disambungnya kalau AC split kemungkinan bocornya freon banyak
karena dalam pemasangan memerlukan pipa tambahan yang dikerjakan oleh tukang AC
(meminjam istilahnya tidak paten) yang biasanya kerjanya tidak rapi.
Intinya:
1. AC tidak perlu ditambah freon walaupun sudah dipakai 4-5th
selama tidak terjadi kebocoran pada pipa AC. (Jadi selama ini saya dikibuli teknisi karena setiap kali servis selalu ada penambahan freon yang sekarang harganya Rp 350.000,-)
2. AC tidak dingin belum tentu karena kurang freon, mungkin juga karena AC sudah kotor, konsumen biasa berpikir kalau AC kurang dingin harus ditambah freon.
3. Indoor AC bocor/netes air bukan berarti AC kurang freon tetapi disebabkan AC kotor/ada saluran pembuangan yang mampet.
4. posisi remote salah akan menyebabkan AC tidak dingin, dimana posisi remote yang benar harus dalam posisi cool atau lambang *.
5. teknisi sering menakuti-nakuti konsumen denganmengatakan bila alat ini tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada AC dll.
6. selektiflah didalam memilih teknisi AC, pililah tempat usahanya yang anda ketahui dan yang jujur.
Tip merawat AC agar tidak cepat rusak dan menghemat biaya perawatan AC adalah:
1. Service AC secara ruti 3 bulan sekali, jangan ac sudah tidak dingin baru di service. (mencegah lebih baik dari pada mengobati).
2. AC harus dinyalakan paling tidak 1/2 jam dalam seminggu, walaupun ac jarang digunakan.
3. Suhu pada remot AC disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan.
4. bila pada pipa AC ada bunga es dan AC tidak dingin, Ac segera dimatikan karna ada kebocoran pada pipa AC. (supaya tidak menyebabkan compresor rusak).
5. Telpon telnisi AC bila AC anda bermasalah.
6. Penipuan timbul bukan niat dari pelakunya tapi karna kurangnya informasi.
2. AC tidak dingin belum tentu karena kurang freon, mungkin juga karena AC sudah kotor, konsumen biasa berpikir kalau AC kurang dingin harus ditambah freon.
3. Indoor AC bocor/netes air bukan berarti AC kurang freon tetapi disebabkan AC kotor/ada saluran pembuangan yang mampet.
4. posisi remote salah akan menyebabkan AC tidak dingin, dimana posisi remote yang benar harus dalam posisi cool atau lambang *.
5. teknisi sering menakuti-nakuti konsumen denganmengatakan bila alat ini tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada AC dll.
6. selektiflah didalam memilih teknisi AC, pililah tempat usahanya yang anda ketahui dan yang jujur.
Tip merawat AC agar tidak cepat rusak dan menghemat biaya perawatan AC adalah:
1. Service AC secara ruti 3 bulan sekali, jangan ac sudah tidak dingin baru di service. (mencegah lebih baik dari pada mengobati).
2. AC harus dinyalakan paling tidak 1/2 jam dalam seminggu, walaupun ac jarang digunakan.
3. Suhu pada remot AC disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan.
4. bila pada pipa AC ada bunga es dan AC tidak dingin, Ac segera dimatikan karna ada kebocoran pada pipa AC. (supaya tidak menyebabkan compresor rusak).
5. Telpon telnisi AC bila AC anda bermasalah.
6. Penipuan timbul bukan niat dari pelakunya tapi karna kurangnya informasi.
Semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar