Langsung ke konten utama

Bagian yang terkotor dari bandara ternyata bukan toilet


Kebanyakan dari kita mengira bahwa toilet di airport merupakan tempat yang paling kotor dan penuh dengan kuman. Namun Anda mungkin akan terkejut pada kenyataan bahwa nampan keamanan bandara lebih banyak menimbulkan resiko terhadap kesehatan dibandingkan dengan toilet bandara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap bandara Helsinki, dari semua bagian di bandara, nampan yang digunakan dalam pemeriksaan keamanan di bandara ternyata mengandung banyak patogen yang dapat membuat Anda sakit.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BioMed Central Infectious Diseases membandingkan sampel yang diambil dari berbagai permukaan nampan pada tiga waktu yang berbeda selama puncak musim flu dalam tahun 2015-2016 di bandara utama Finlandia dan menemukan lebih sedikit virus di dudukan toilet dan tombol toilet daripada di nampan bagasi.

Tidak semua orang menggunakan toilet di bandara tapi hampir semua orang yang akan terbang melalui jalur keamanan. Diadakan pengujian atas permukaan mengenai keberadaan virus influenza A dan B, coronavirus, adenovirus, dan rhinovirus yang menyebabkan gejala seperti pilek.

Penelitian ini menemukan bahwa karena tingkat sentuhan yang tinggi, nampan plastik yang digunakan untuk meletakkan barang-barang penumpang pada waktu pemeriksaan keamanan menimbulkan resiko kontaminasi tertinggi karena hampir semua penumpang memegang benda tersebut sebelum naik pesawat.

Untuk mengatasi bahaya kontaminasi bisa digunakan tisu pembersih dan larutan anti bakteri  yang tidak memerlukan air (instant sanitizer) untuk membasmi kuman di tangan dan barang-barang pribadi dengan cepat dan mudah.

Antara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa yang bertanggung jawab atas cukuran batok kelapa ini?

Seperti di film Dumb and Dumber Seorang remaja, Aiden Bowness (17), ingin terlihat rapi pada pesta keluarga, namun salon langganannya tutup Selasa siang kemarin. Karena itu dia pergi ke tempat lain, Brazuca Gentry Grooming di Carlisle Cumria dengan membawa contoh foto cukuran sederhana pendek di belakang dan samping. Dia berpendapat potongan rambut yang dikehendakinya sederhana sehingga tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut. Kemudian dengan bayaran 8 pound sterling (Rp 150.000), didapati seolah-olah rambutnya dicukur dari ujung mangkuk seperti  pelawak Jim Carrey dalam film Dumb and Dumber. Malu dengan potongan rambut yang demikian maka keesokan hari,  sambil menutupinya dengan topi dia pergi ke pemangkas rambut langganannya. Untuk perbaikan atas cukuran batok kelapa ini Bowness perlu mengeluarkan ongkos tambahan sebesar 5 pound (Rp 93.000). Dia memposting pengalamannya itu di Facebook dan segera menjadi viral. Namun pemilik salon rambut, Flamencia membantah

Coca Cola sedang mengamati pasaran minuman yang dicampur ganja

Apakah di rak ini akan ada CocaCola  mengandung ganja? Menurut laporan dari Amerika Serikat CocaCola sedang mempertimbangkan dengan serius untuk memproduksi minuman yang mengandung ganja. Perusahaan raksasa  minuman ringan ini mengamati dengan seksama pasar minuman ganja yang tumbuh dengan pesat dan ada kemungkinan akan masuk dalam waktu yang dekat. CocaCola mengumumkan minatnya dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Senin tanggal 17 September. Pernyataan ini menanggapi laporan dari BNN Bloomberg yang mengatakan Coke sedang dalam pembicaraan dengan Canada Cannabis Inc. untuk mengembangkan minuman yang diinfus dengan cannabidiol (CBD), zat kimia non-psikoaktif yang terkandung dalam ganja. Coke akan mengikuti gerak cepat pembuat alkohol besar dan perusahaan rokok untuk menguji pasar ganja dan mencari mitra menjelang tanggal 17 Oktober pada waktu mana ganja rekreasi diluncurkan secara legal di Kanada.  Coke dan Aurora dalam pernyataan terpisah mengatakan tertarik dengan

Elon Musk, CEO SpaceX mendapat masalah hukum dalam kaitan penyelamatan 12 anak dari gua di Thailand

Elon Musk Dalam kicauan di twitter Elon Musk menyebut penyelam Inggris yang menolong 12 anak dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang kena banjir dengan istilah " pedo guy " atau penyuka anak-anak. Rupanya pengusaha kaya ini menjadi marah karena penyelam Inggris Vern Unsworth menggambarkan tawaran Musk untuk membantu dengan kapal selam mini sebagai kampanye PR. Minggu yang lalu Musk mengadakan perjalanan ke Thailand dan menunjukkan kapal selam yang panjangnya 1,8 m yang katanya dapat membantu 12 anak sekolah dan pelatih sepak bola mereka yang terdampar berminggu-minggu di gua. Tapi Unsworth yang peranannya penting dalam usaha penyelamatan tim sepak bola sekolah mengatakan kapal selam yang dibuat bos Tesla dan SpaceX tidak mungkin dapat bekerja karena penciptanya tidak mempunyai konsepsi mengenai alur di gua tersebut. Menanggapi kritik dari penyelam tersebut, melalui serangkaian cuitan di tweeter Musk membela penemuannya kemudian menambahkan "Maaf pedo guy