Langsung ke konten utama

Makanan yang dapat mencegah kanker


Kanker merupakan penyakit yang menakutkan. Pada dasarnya sesuatu yang menyebabkan sel di tubuh Anda bertumbuh secara tidak normal. Diketahui penyebab-penyebab kanker - virus, merokok, kimia (seperti asbes), terbakar sinar matahari dan menenggak alkohol.

Makanlah makanan yang mengandung anti oksidan, mineral dan vitamin yang melawan kanker. Jika mengonsumsi makanan ini setiap hari maka Anda akan terlindung dari kanker. Jika timbangan Anda berlebihan maka resiko kena kanker tinggi. Menurunkan berat badan melalui nutrisi yang baik juga akan melindungi Anda.

Berikut ini akan ditonjolkan senyawa yang terdapat dalam satu kelompok makanan. Jika Anda tidak menyukai satu makanan tertentu ada yang lain dalam kelompok tersebut. 

Allium

Bawang putih adalah salah satu sumber allium yang terbaik. Allium memiliki efek anti tumor dan anti mikroba dan mecegah gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Bawang putih juga membunuh H. pylori yaitu bakteri yang terkait dengan kanker lambung. Bawang putih dapat menurangi resiko kanker usus besar, kerongkongan, pankreas dan payudara.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik kupas dan cincanglah bawang putih, diamkan selama 15 menit lalu pakailah untuk memasak atau telanlah bersama air.

Bawang putih adalah allium yang paling banyak dipelajari namun di samping itu ada juga daun bawang, lekiu, bawang merah, bawang bombay.

Glucosinolates

Sayur silangan seperti kol, kangkung, kembang kol dan brokoli mengandung glukosinolat. Ini mengaktifkan enzim seperti sulforaphane saat mereka melewati usus. Sulforaphane melawan H. pylori dan detoksifikasi pencemar lingkungan.

Sayur-sayur tersebut terutama brokoli, mengurangi  resiko kanker prostat, paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, hati, leher, kepala, mulut, kerongkongan dan lambung.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kukuslah brokoli kemudian tambahlan bawang putih dan minyak zaitun. Ini tidak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga cara yang enak untuk melawan berbagai kanker.

Lycopene

Lycopene adalah karoten yang memiliki warna merah cerah. Likopen tampaknya mengurangi resiko kanker prostat. Di samping itu juga menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru dan endometrium dalam tes laboratorium.

Tomat adalah sumber likopen yang fantastis dan memasak atau mengolahnya membuat likopen semakin tersedia bagi tubuh Anda. Tambahlah beberapa tomat pada brakoli dan bawang putih Anda.

Sumber lainnya termasuk buah jambu, pepaya, anggur, paprika merah yang dimasak, kol merah, mangga dan wortel yang dimasak. 

Ellagic acid

Asam ellagic adalah polyfenol dengan sifat anti oksidan. Tumbuhan menghasilkan asam ellagic sebagai pertahanan melawan infeksi. Ternyata asam ellagic paling efektif melawan kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan dan payudara.

Pilihlah stroberi, anggur, blackberry, raspberry, cranberry, delima, jambu, pecan dan kenari. Banyak di antaranya mengandung vitamin C yang akan menambah kualitas perlindungan.

Tapi hendaknya kacang dalam jumlah kecil baik untuk anda namun kalorinya tinggi dan sering dimakan secaea berlebihan. Terlalu banyak kacang tidak membantu dalam mengurangi berat badan.

Beta-carotene

Karoten lain yang Anda butuhkan untuk melawan kanker adalah beta-karoten. Tidak hanya wortel, tetapi buah atau sayuran merah, kuning, atau oranye mengandung beta-karoten. Sebagai antioksidan beta-karoten melindungi membran sel dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Beta-karoten dapat melindungi terhadap kanker serviks, payudara, mulut, faring dan laring, kerongkongan dan perut. Makanlah makanan seperti wortel, aprikot, brokoli, asparagus, jeruk Bali, daun bawang, kangkung dan ubi.

Lutein

Lutein adalah karoten lain yang terdapat di sayuran berdaun hijau gelap terutama bayam. Lutein penting untuk penglihatan di samping itu dapat melindungi terhadap kanker kerongkongan, ovarium, endometrium, paru dan kolorektal.

Sayuran ini kaya serat dan mengandung folat, keduanya diketahui dapat melawan kanker.

Serat

Serat adalah apa yang tersisa pada waktu tubuh Anda mencerna semua bagian dari tanaman. Serat membantu kotoran bergerak malalui usus dan membawa racun bersamanya. Dengan makan lebih banyak serat, Anda membersihkan usus lebih cepat.

Serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan ini penting untuk menurunkan berat badan. Serat dikaitkan dengan penurunan kanker kolorektal.

Salah satu sumber serat yang paling baik adalah biji-bijian. Jika Anda makan roti makanlah roti gandum. Roti putih hampir tidak memiliki serat dan diperlakukan sebagai gula di tubuh Anda.

Selain sayuran makanlah biji-bijian, kacang, polong, quinoa, gandum, popcorn (tanpa mentega) dan chia.

Tannin

Salah satu polyfenol yang sangat penting adalah tanin yang sifatnya melawan kanker, anti virus, anti bakteri dan anti jamur. Teh hijau mengandung tannin sangat tinggi dan telah terbukti mengurangi gula darah dan kadar insulin. Hal ini membuatnya sangat baik untuk penurunan berat badan.

Cobalah minum teh hijau setuap kali makan. Ini cara mudah untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan memiliki banyak manfaat. Sumber lain termasuk kopi, delima, cranberry, bluebery, anggur dan 70% coklat kakao.

Selenium

Selenium adalah antioksidan yang mengurangi beberapa jenis kanker. Selenium melindungi Anda dari logam seperti merkuri, kadnium dan perak dan memperlambat pertumbuhan tumor. Studi menunjukkan bahwa selenium melawan kanker tenggorolan, paru-paru, hati dan lambung.

Karena selenium bisa beracun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi suplemen. Makanlah 6 kacang Brasil seminggu. Ikan, daging sapi, ayam dan babi juga mengandung selenium. Demi penurunan berat badan pilihlah daging tanpa lemak.

Vitamin E

Studi menunjukkan bahwa vitamin E memberikan perlindungan terhadap kanker jika dimakan sebagai makanan dan bukan dikonsumsi sebagai suplemen. Cara termudah untuk mendapatkan vitamin E adalah memilih minyak goreng dengan hati-hati.

Minyak gandum, minyak bunga matahari, minyak safflower adalah sumber yang sangat baik. Alpukat, mangga dan beri juga sangat baik mengandung banyak sifat melawan kanker lainnya. Minyak sehat juga membantu menurunkan berat badan.

Kesimpulan

Perlindungan terbaik terhadap kanker adalah turunkan berat badan, berhenti merokok, batasi alkohol dan persentuhan dengan racun. Dukung ini dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya karoten dan polifenol. Tambahkan serat untuk perlindungan tambahan. Hindari daging olahan dan kurangi makan daging merah.

Anda dapat menggunakan bahan kimia pencegah kanker ini sebagai suplemen, tapi tubuh Anda menyerapnya dengan lebih baik ketika dimakan segar dan mentah atau dikukus sedikit. Cara terbaik untuk melawan kanker adalah makan pelangi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Semakin banyak variasi semakin banyak nutrisi penting yang akan Anda dapatkan.

Sumber


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa yang bertanggung jawab atas cukuran batok kelapa ini?

Seperti di film Dumb and Dumber Seorang remaja, Aiden Bowness (17), ingin terlihat rapi pada pesta keluarga, namun salon langganannya tutup Selasa siang kemarin. Karena itu dia pergi ke tempat lain, Brazuca Gentry Grooming di Carlisle Cumria dengan membawa contoh foto cukuran sederhana pendek di belakang dan samping. Dia berpendapat potongan rambut yang dikehendakinya sederhana sehingga tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut. Kemudian dengan bayaran 8 pound sterling (Rp 150.000), didapati seolah-olah rambutnya dicukur dari ujung mangkuk seperti  pelawak Jim Carrey dalam film Dumb and Dumber. Malu dengan potongan rambut yang demikian maka keesokan hari,  sambil menutupinya dengan topi dia pergi ke pemangkas rambut langganannya. Untuk perbaikan atas cukuran batok kelapa ini Bowness perlu mengeluarkan ongkos tambahan sebesar 5 pound (Rp 93.000). Dia memposting pengalamannya itu di Facebook dan segera menjadi viral. Namun pemilik salon rambut, Flamencia membantah

Coca Cola sedang mengamati pasaran minuman yang dicampur ganja

Apakah di rak ini akan ada CocaCola  mengandung ganja? Menurut laporan dari Amerika Serikat CocaCola sedang mempertimbangkan dengan serius untuk memproduksi minuman yang mengandung ganja. Perusahaan raksasa  minuman ringan ini mengamati dengan seksama pasar minuman ganja yang tumbuh dengan pesat dan ada kemungkinan akan masuk dalam waktu yang dekat. CocaCola mengumumkan minatnya dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Senin tanggal 17 September. Pernyataan ini menanggapi laporan dari BNN Bloomberg yang mengatakan Coke sedang dalam pembicaraan dengan Canada Cannabis Inc. untuk mengembangkan minuman yang diinfus dengan cannabidiol (CBD), zat kimia non-psikoaktif yang terkandung dalam ganja. Coke akan mengikuti gerak cepat pembuat alkohol besar dan perusahaan rokok untuk menguji pasar ganja dan mencari mitra menjelang tanggal 17 Oktober pada waktu mana ganja rekreasi diluncurkan secara legal di Kanada.  Coke dan Aurora dalam pernyataan terpisah mengatakan tertarik dengan

Elon Musk, CEO SpaceX mendapat masalah hukum dalam kaitan penyelamatan 12 anak dari gua di Thailand

Elon Musk Dalam kicauan di twitter Elon Musk menyebut penyelam Inggris yang menolong 12 anak dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang kena banjir dengan istilah " pedo guy " atau penyuka anak-anak. Rupanya pengusaha kaya ini menjadi marah karena penyelam Inggris Vern Unsworth menggambarkan tawaran Musk untuk membantu dengan kapal selam mini sebagai kampanye PR. Minggu yang lalu Musk mengadakan perjalanan ke Thailand dan menunjukkan kapal selam yang panjangnya 1,8 m yang katanya dapat membantu 12 anak sekolah dan pelatih sepak bola mereka yang terdampar berminggu-minggu di gua. Tapi Unsworth yang peranannya penting dalam usaha penyelamatan tim sepak bola sekolah mengatakan kapal selam yang dibuat bos Tesla dan SpaceX tidak mungkin dapat bekerja karena penciptanya tidak mempunyai konsepsi mengenai alur di gua tersebut. Menanggapi kritik dari penyelam tersebut, melalui serangkaian cuitan di tweeter Musk membela penemuannya kemudian menambahkan "Maaf pedo guy